(c) Copyright 2014 by Manonjaya.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Hal-hal penting sebelum pergi ke Tibet

Jumat, 16 Mei 2014

Dikarenakan g pergi akhir Mei 2014 ini, maka semua yang ada di sini adalah terjadi pas saat itu. Bisa saja berubah di kemudian hari, sesuai dengan waktu kalian perginya kapan.


IKLIM : Bulan MAY : MUSIM SEMI
Suhu di China sekitar : 5 s/d 25C

MATA UANG : CHINA : YUAN RENMINBI (1 CNY ± Rp 1866), kalian dianjurkan membawa uang dalam bentuk CNY atau USD yang berlaku di setiap negara yang dapat ditukarkan dengan mata uang negara setempat.

Juga dapat membawa kartu kredit dan disarankan memberitahukan rencana perjalanan kalian kepada bank agar tidak menemui kesulitan dalam menggunakan kartu kredit tersebut.

PAKAIAN : Di Musim Semi: dianjurkan membawa pakaian sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa membawa jaket, sarung tangan, syal, long-john, kacamata dan sebagainya untuk antisipasi udara dingin di pesawat dan pada malam hari. Juga dianjurkan sepatu tumit rendah yang nyaman untuk berjalan jauh dan topi. Jangan lupa membawa payung lipat, krim tabir surya, lipgloss dan lotion untuk menghindari kulit kering.

PERBEDAAN WAKTU : di China lebih cepat 1 jam dari Jakarta (WIB)

OBAT - OBATAN : Bawalah obat-obatan yang diperlukan seperti paracetamol (obat penurun panas), anti histamine (obat anti alergi gatal2 / biduren), obat flu/batuk, obat pelega tenggorokan, obat panas dalam & multivitamin. Juga obat-obatan pribadi (jika ada) beserta resep dokter yang nantinya akan diperlukan selama dalam perjalanan.

BAGASI : Sesuai ketentuan dari Airlines, kalian hanya boleh membawa 1 (satu) bagasi / koper dengan kondisi prima (tidak robek/rusak) dengan berat maksimal 20 kg (kelas ekonomi) dan 1 (satu) buah handbag kecil ( max 7 Kg dengan ukuran 55 x 36 x 20cm ) yang dapat dibawa ke kabin untuk diisi baju hangat, baju ganti beserta dengan perlengkapan mandi sederhana seperti sikat gigi, odol, dan sabun pencuci muka (apabila diperlukan).

*Biaya kelebihan bagasi (Over Weight) adalah kurang lebih USD 30 – USD 50 / Kg

Untuk keamanan dan kenyamanan, agar menggunakan bagasi / koper yang ringan, ber-roda, kuat, berkunci. Dan dianjurkan untuk membawa kunci tambahan untuk hand carry. Janganlah menyimpan uang, paspor atau barang-barang berharga di bagasi. Simpanlah barang-barang tersebut di tas tangan kalian. Namun untuk barang runcing seperti pisau, gunting, jarum, gunting kuku, batere, shaver, sikat gigi electronic, dll harus disimpan di dalam bagasi, tidak boleh di tas tangan atau hand carry.

Jangan meninggalkan barang-barang berharga tanpa pengawasan untuk menghindari kehilangan dan penyelundupan obat-obatan terlarang (narkoba) yang bisa diselipkan atau tas tangan yang ditinggalkan oleh pemiliknya.

CAMERA / VIDEO : Untuk kalian yang membawa video kamera / hand phone, janganlah lupa membawa 
baterei charger serta plug in international untuk mengisi ulang baterei-nya. Belilah memory card dan batu 
baterei-nya di Indonesia agar lebih ekonomis. 

HAND PHONE : Handphone jenis GSM dari Satelindo, Telkomsel dan Excelcom dapat digunakan di hampir semua kota. Kecuali untuk jenis pra-bayar / isi ulang tidak dapat dipergunakan. Harap hubungi provider telepon seluler Anda untuk penjelasan lebih lanjut. 

ELECTRICITY : Informasi electricity di China & Hongkong: 220 V,50 Hz 

Type colokan listrik yang bisa dipakai selama di Tibet


MAKANAN : Para peserta diperbolehkan untuk membawa makanan kecil seperti : Mie Instant, sambal (dalam kemasan ) dan makanan kecil lainnya. Tidak diperbolehkan membawa buah – buahan atau makanan yang cepat rusak.

TIPS
Memberikan tip merupakan suatu kebiasaan untuk orang yang telah memberikan pelayanan kepada kalian. 
  • Local Guide : USD 3 per orang per hari per guide
  • Supir : USD 1 per orang per hari
  • Porter Hotel : USD 1 per bagasi saat check in dan check out (tergantung hotel)
  • Tour Leader : USD 2 per orang per hari


Tidak ada komentar:

Posting Komentar